in

Tip Bermain Motor Trail untuk Pemula

Ilustrasi (gambar: Unsplash/Alina Rubo)

Motor trail menjadi salah satu hobi yang menarik bagi kalangan pecinta kendaraan roda dua. Menyusuri medan tanah, memberi sensai kesenangan tersendiri.

Terdapat beberapa tips menggunakan motor trail dari Yamaha Riding Academy (YRA). Dilansir melalui tagar.id, berikut diantaranya:

Saat hendak menaiki sepeda motor

Posisi pengendara hendaknya berada di sebelah kiri motor. Untuk memudahkan melepas standar samping. Serta posisikan stang belok ke kanan, da disarankan agar menarik tuas rem depan agar motor tidak bergerak.

Saat hendak berhenti

Berhentilah di gundukan atau tanah yang rata, agar lebih mudah menjaga keseimbangan. Selain itu, masukkan persneling 1 dan tarik kopling agar motor tidak mati. Serta bisa langsung melaju begitu seimbang.

Gunakan kaki kiri untuk menapak ke tanah, saat motor akan berhenti dan hendak jalan kembali.

Saat hendak turun dari motor

Jika berhenti di jalan tidak rata, gunakan persneling 1 agar motor tidak bergerak. Namun jika berhenti di jalan rata, bisa mengunakan persneling netral.

Matikan mesin motor sembari membelokkan stang ke arah kanan. Serta disarankan agar menarik tuas rem agar motor tidak bergerak. Terakhir, turun dari sebelah kiri motor.

Saat berkelok

Arahkan pandangan ke arah tujuan berikutnya, agar bisa fokus dan mengetahui kondisi jalur yang hendak dituju.

Atur kecepatan motor agar ban tidak selip. Posisi badan melawan kemiringan motor, dan duduk agak ke depan agar memudahkan memegang handle dan stang.

Posisikan satu kaki dengan mendekap tangki bensin. Sedangkan satu kaki lainnya diluruskan, agar menjaga keseimbangan motor.

Jika belum mengetahui medan jalurnya, sebaiknya atur kecepatan rendah agar lebih aman.