in

Apa Itu Hashrate, dan Mengapa Itu Penting?

Kalo udah ngomongin bitcoin, jujur deh, kamu pasti pernah dengar kata hashrate kan? Tapi tau nggak sih maksud dari hashrate itu apa?

Hashrate

Sebelum kita masuk ke Hashrate, kamu harus tau dulu apa itu hash. Jadi, Hash adalah kode alfanumerik dengan panjang tetap yang digunakan untuk mewakili kata, pesan atau data. Bingung?

Gini, Hash itu sidik jari atau rangkuman data digital. Gunanya buat apa? Hash berguna untuk memverifikasi informasi tertentu tanpa mengungkapkan isi informasinya, stay secret gitu lah.

Apa hubungannya dengan aset kripto dong? Aset kripto menggunakan berbagai algoritma hashing yang berbeda untuk membuat berbagai jenis kode hash dan menghasilkan alfanumerik acak.

Seperti yang kita tahu dalam proses mining aset kripto, para miner akan bersaing satu sama lain menggunakan komputer berdaya tinggi dan mining rig mereka untuk memecahkan dan menguraikan hash dan menambahkan blok baru ke blockchain. Nah, jika mereka berhasil memecahkan hash dengan benar, mereka akan diberikan reward. Sampai sini udah paham dong?

Sekarang kita kembali lagi ke pertanyaan awal, Apa itu Hashrate?

Hashrate adalah kecepatan jaringan atau kekuatan komputasi komputer untuk memecahkan hash dan mengkonfirmasi transaksi dalam blockchain Proof-of-Work (PoW).

Hashrate biasanya diukur dalam hitungan detik menggunakan unit hash per second (H/s), seperti:

  • 1 Kilo (kH/s) setara dengan seribu hash per detik
  • 1 Mega (MH/s) setara dengan 1 juta hash per detik
  • 1 Giga (GH/s) setara dengan 1 milyar hash per detik
  • 1 Tera (TH/s) setara dengan 1 triliun hash per detik
  • 1 Peta (PH/s) setara dengan 1,000 triliun hash per detik
  • 1 Exa (EH/s) setara dengan 1 juta triliun hash per detik

Jika kamu kekuatan mining rig kamu tinggi, maka kemungkinan untuk menebak hashing juga akan semakin besar. Nah, kalau begitu kesempatanmu untuk mendapatkan hadiah Bitcoin juga akan semakin besar.

Baca juga Apa itu Tokenomics?

Terus, kenapa hashrate penting?

Kecepatan dalam mining itu tentu penting ya teman-teman didunia cryptocurrency. Aku merangkum beberapa alasannya seperti:

  • Menjaga keamanan koin kripto

Transaksi bisa diproses di blockchain karena adanya hashrate ini. Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, ada banyak sekali algoritma hash yang bisa diproses tiap detik. Semakin tinggi tingkat hashrate, akan semakin efisien mining rig bekerja. Keamanan jaringan cryptocurrency juga bisa terjamin. Kalau si jaringan ini nggak punya hashrate yang kuat, bisa aja ada dana yang dicuri. Nah, sebuah jaringan harus menguasai 51% atau lebih dari total hashrate agar jaringan menjadi lebih kuat dari adanya pencurian dana di blockchain.

  • Sebagai acuan bagi investor

Hashrate juga berguna bagi  para investor. Melalui hashrate, investor bisa menilai apakah aset kripto itu bagus atau tidak. Semakin tinggi hashrate, semakin banyak juga miner yang menggunakan mining rig yang berkualitas untuk menekan potensi ancaman.

  • Indikator profitabilitas penambang

Semakin banyak tingkatan hashrate, maka akan semakin banyak pula hash yang dapat diproses. Ini artinya jumlah reward kripto baru yang akan diterima oleh miner juga semakin bertambah. Singkatnya sih, hashrate ini akan jadi representasi tingkat profitabilitas penambang.

  • Membantu penambang menentukan mining rig yang tepat

Mengetahui hash rate juga dapat memudahkan para miner dalam menentukan spesifikasi perangkat atau PC yang digunakan untuk mining kripto.  Ya, setiap aset crypto ditambang menggunakan mesin yang berbeda, dengan tingkat daya komputasi dan konsumsi listrik yang juga beragam. Menentukan mesin menambang terbaik tentunya berkaitan dengan perhitungan untung rugi aktivitas penambangan.

  • Membantu penambang mengetahui pesaingnya

Jika ada perubahan pada hashrate, maka artinya akan ada miner baru yang masuk ke dalam sistem blockchain. Hal ini disebabkan karena jumlah hash di dalam blockchain semakin rendah, dan para miner bisa memutuskan apa yang harus dilakukan dengan tepat.

Terus, gimana kalau hashrate berubah naik atau turun?

Kalau hashrate meningkat, itu artinya lebih banyak sumber daya komputasi yang digunakan untuk mining blok dan lebih banyak daya listrik yang digunakan. Nggak cuma itu, keamanan jaringan juga meningkat, tapi proses mining akan jadi sedikit lebih sulit.

Sedangkan, jika hashrate blockchain menurun, ini artinya nggak banyak miner yang sedang bersaing untuk menambahkan blok, jaringan juga kurang aman, karena seperti yang kita tahu jaringan akan rentan terhadap serangan. Tapi, dalam kondisi ini kesulitan proses mining juga akan menurun.

Kesimpulan

Setelah penjelasan diatas, kita bisa menarik kesimpulan nih kalau hashrate itu penting ya. Singkatnya, hashrate akan menentukan kapasitas dan kualitas blok yang ditambahkan gitu lah. Hahsrate juga dijadikan sebagai jaminan apakah jaringan tersebut aman atau sebaliknya.

Article by